Video & Lirik Sholawat Sa'duna Fiddunya: Qasidah yang Disukai Mbah Maimun Zubair

Post a Comment

Sa'duna Fiddunya adalah salah satu qasidah yang populer di kalangan pecinta sholawat. Qasidah ini sering dikumandangkan oleh Syaikhona KH Maimun Zubair atau Mbah Moen, salah seorang ulama besar dari Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang. Qasidah ini merupakan karya dari Sayyid Muhammad bin Alawi al Maliki, seorang ulama terkemuka dari Makkah.

Qasidah ini berisi doa dan pujian kepada Allah SWT dengan perantara istri dan putri Nabi Muhammad SAW, yaitu Sayyidah Khadijah al Kubra dan Sayyidah Fatimah az Zahra. Qasidah ini juga mengandung permohonan kepada Ahlul Bait Nabi SAW untuk memberikan syafaat dan pertolongan kepada umat Islam.

Video dan Lirik Qasidah Sa'duna Fiddunya

Berikut adalah lirik qasidah Sa'duna Fiddunya dalam teks Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia:

Video Qasidah Sa'duna Biddunya by Ai Khodijah





Sa’duna Fiddunya Lirik dan Artinya:

سَعْدُنَا بِالدُّنْيَا ۞ فَوْزُنَا بِالْأُخْرَى

sa'duna biddunya fawzuna bil’ukhraa

Kebahagiaan kami di Dunia, Keberuntungan kami di Akhirat

بِخَدِيْجَةَ الْكُبْرَى ۞ وَفَاطِمَةَ الزَّهْرَا

bikhadijat alkubraa, wafatimat alzahra

Dengan perantara Khodijah al Kubro, Dan Fathimah az Zahro

يَا أُهَيْلَ الْمَعْرُوْف ۞ وَالْعَطَا وَالْمَأْلُوْف

ya ‘uhayl alma'ruf, wal'ata walmaluf

Wahai pemilik kebaikan, Dan pemberian yang disukai

غَارَةً لِلْمَلْهُوْف ۞ إِنَّكُمْ بِهْ أَدْرَى

gharatan lilmalhuf, ‘iinakum bih ‘adraa

Berikanlah kepada orang yang berduka, Sungguh kalian lebih mengerti dirinya

يَا أُهَيْلَ الْإِسْعَادْ ۞ وَالْعَطَا وَالْإِرْفَادْ

ya ‘uhayl al’iis'ad, wal'ata wal’iirfad

Wahai pemilik kebahagiaan,

Pemberian, dan pertolongan

غَارَةً لِلإِسْعَادْ ۞ إِنَّكُمْ بِهْ أَدْرَى

gharatan lil’iis'ad,‘iinakum bih ‘adraa

Berikanlah kepada pencari kebahagiaan,

Sungguh kalian lebih mengerti dirinya

Makna dan Manfaat Sa'duna Fiddunya

Qasidah Sa'duna Fiddunya memiliki makna yang dalam dan indah. Qasidah ini mengajarkan kita untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT di dunia dan berharap akan rahmat-Nya di akhirat. 

Qasidah ini juga mengajarkan kita untuk mencintai dan menghormati Ahlul Bait Nabi SAW, khususnya Sayyidah Khadijah dan Sayyidah Fatimah yang merupakan dua wanita terbaik di dunia.

Qasidah ini juga memiliki manfaat yang besar bagi yang membacanya dan mendengarkannya. Qasidah ini dapat menenangkan hati, mengobati kesedihan, dan memberikan kebahagiaan. Qasidah ini juga dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya SAW, serta memperoleh syafaat dan pertolongan dari Ahlul Bait Nabi SAW.

Qasidah ini juga dapat menjadi sarana untuk mengenal lebih dekat sosok Sayyidah Khadijah dan Sayyidah Fatimah yang merupakan teladan bagi kaum muslimin. 

Sayyidah Khadijah adalah istri pertama Nabi SAW yang sangat mencintai dan mendukung beliau dalam menyebarkan Islam. Sayyidah Khadijah juga dikenal sebagai wanita kaya, dermawan, dan mulia. 

Sementara sayyidah Fatimah adalah putri kesayangan Nabi SAW yang sangat taat dan berbakti kepada Allah SWT dan orang tuanya. Sayyidah Fatimah juga dikenal sebagai wanita shalihah, sabar, dan zuhud.

Demikianlah lirik Qasidah Sa'duna Biddunya karya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki lengkap dengan teks bahasa Arab, teks latin dan terjemah dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat..

Related Posts

Post a Comment

close