Fenomena Rumah di Tengah Jalan Tol: Kisah Unik dari Inggris dan Indonesia

Post a Comment

Rumah di Tengah Jalan Tol: Kisah Unik dari Inggris dan Indonesia. Baca artikel ini untuk mengetahui cerita di balik beberapa rumah yang masih berdiri di tengah proyek pembangunan jalan tol.

Jalan tol adalah salah satu infrastruktur yang penting untuk menghubungkan berbagai daerah dan memperlancar arus lalu lintas. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa rumah yang berdiri di tengah jalan tol? Ya, ini bukanlah hal yang lazim, tetapi nyatanya ada beberapa contoh rumah yang masih bertahan di tengah proyek pembangunan jalan tol. Bagaimana kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Stott Hall Farm: Rumah Peternakan di Tengah Jalan Tol Inggris

Stott Hall Farm merupakan satu-satunya rumah peternakan di dunia yang dibangun tepat di tengah jalan tol yang sibuk. Peternakan unik ini menjadi salah satu dari sepuluh pemandangan paling terkenal di jalan raya Inggris dan ada berbagai cerita mitos tentang keberadaannya.

Rumah peternakan tersebut terletak di jalan tol M62 yang menghubungkan kota Liverpool dan Hull di Inggris utara, yang terkenal memiliki pertanian di tengah jalan raya di Calderdale. Salah satu cerita yang paling populer dari keberadaan peternakan itu adalah karena pemiliknya, Ken dan Beth Wild, menolak untuk menjual lahannya.

Namun, menurut sebuah film dokumenter ITV pada tahun 1983, pemilik Stott Hall Farm sebenarnya tidak pernah diminta untuk menjual tanah mereka. Selama pembangunan jalan tol M62 di tahun 1960-an, para insinyur menentukan bahwa lebih praktis membangun jalan di sekitar pertanian, daripada di atasnya, jadi mereka mengizinkan pemiliknya untuk tinggal.

Jadi bagaimana rasanya tinggal di tanah pertanian, di tengah jalan tol? Jika Anda mengira tempat ini akan dipenuhi kebisingan jalan dan polusi, justru realitanya tidak. Mereka yang pernah tinggal di Stott Hall Farm mengklaim sebaliknya. Dengan jendela berlapis tiga, hampir tidak ada suara di dalam rumah pertanian, selain bunyi klakson sesekali di tengah malam, dan udaranya sangat bersih.

Pemilik saat ini adalah Jill Falkingham-Thorp, bersama suaminya Paul, dan putranya John William. Mereka menikmati kehidupan damai mereka di salah satu pertanian paling aneh di dunia itu, tetapi mereka mengakui bahwa kadang-kadang terasa sepi, karena teman terdekatnya tinggal dengan jauh sekitar setengah jam perjalanan.

Rumah Setyo Subagyo: Rumah Viral di Antara Proyek Tol Solo-Jogja

Di Indonesia, ada juga contoh rumah yang masih berdiri kokoh di antara proyek pembangunan jalan tol. Rumah tersebut milik Setyo Subagyo yang menjadi satu-satunya bangunan di tengah proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta.

Rumah Setyo Subagyo ini tak tersentuh proyek pembangunan Jalan Tol dan menjadi satu-satunya yang tersisa di daerah itu. Padahal seluruh tetangga di kanan kiri hingga seberang jalan dari rumah Setyo sudah rata dengan tanah.

Lokasinya ada di pinggir jalan provinsi Klaten-Boyolali, Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski begitu, rumah bertingkat dengan cat warna hijau ini sudah ditinggalkan oleh sang empunya rumah.

Setyo mengatakan dirinya enggan untuk menyerahkan rumahnya karena belum sepakat dengan harga yang ditawarkan oleh pemerintah. Ia menekankan bahwa pemerintah kurang proporsional terkait harga tersebut. Ia pun menilai hal ini tidak adil baginya.

Setyo mengungkapkan, rumah yang dibangun tahun 1997 itu berdiri di lahan seluas 500 meter persegi. Berada di tepi jalan raya milik provinsi, jalur Klaten-Boyolali. Selain rumah, dalam satu lahan tanah itu ada juga toko yang dia bangun secara bertahap.

"Ditempat saya itu, UGR-nya Rp 2,5 juta. Yang saya tidak terima karena uang ganti rugi itu belum sebanding dengan harga standar pasar. Untuk saat ini, harga pasaran tanah di pinggir jalan raya provinsi itu sudah di atas Rp 3 juta per meter persegi," ungkapnya.

Padahal, harga tanah yang berlokasi tepat di depan bangunan miliknya dihargai lebih tinggi. Padahal, menurut dia, tanah di depan bangunan miliknya itu memiliki harga pasaran lebih rendah lantaran kondisi tanah di bawah jalan sehingga memerlukan uruk jika akan dibangun sebuah rumah.

Kesimpulan

Rumah di tengah jalan tol adalah fenomena yang jarang terjadi, tetapi memiliki kisah unik di baliknya. Baik di Inggris maupun di Indonesia, ada beberapa rumah yang masih berdiri di tengah proyek pembangunan jalan tol. Alasan dan dampaknya tentu berbeda-beda, tetapi tetap menarik untuk diketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jika Anda tertarik untuk membaca artikel lainnya tentang topik-topik menarik lainnya, silahkan baca artikel terkait lainnya di blog kami.

Related Posts

Post a Comment

close